Pelatih Timnas Italia, Roberto Mancini akhirnya angkat bicara terkait potensi ditundanya Euro 2020 musim ini. Sang pelatih mendukung penuh langkah tersebut karena menurutnya terlalu beresiko untuk jika tetap menggelar turnamen itu di musim panas nanti.

Pada musim panas nanti, UEFA punya gawe besar. Mereka akan menggelar Euro 2020 yang merupakan edisi ke-16 turnamen antar negara Eropa tersebut.

Namun beberapa pekan terakhir, ada wacana bahwa Euro tahun ini akan ditunda. Mengingat saat ini pandemi Virus Corona sudah mulai menyebar di benua Eropa dan membuat sejumlah liga dihentikan sementara.

Mancini sendiri mengaku tidak keberatan jika Euro harus ditunda. "Saya tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya [terkait penyelenggaraan Euro 2020]," buka Mancini kepada Rai Sport.

Lebih Baik Ditunda

Mancini menilai bahwa menunda Euro 2020 adalah sebuah langkah yang harus dipertimbangkan dengan serius. Ia mengaku sedih melihat banyaknya korban yang jatuh karena virus ini.

"Saya yakin bahwa ada hal lain yang harus diprioritaskan ketimbang Euro 2020, dan saya tidak ragu sedikitpun akan itu."

"Melihat banyak orang meninggal dalam beberapa hari terakhir benar-benar menyakitkan bagi saya."

Dapat Manfaat

Mancini juga menilai penundaan Euro 2020 juga menghadirkan lebih banyak manfaat. Salah satunya adalah waktu persipaan untuk turnamen itu yang lebih banyak.

"Jika mereka menunda turnamen ini, maka kami punya waktu satu tahun untuk mempersiapkan diri untuk memenangkan turnamen itu."

"Yang terpenting saat ini adalah kesehatan semua orang dan semua orang bisa kembali kTimnas Italia bisa dikatakan menjadi tim yang paling dirugikan jika Euro tetap diadakan pada musim panas nanti.

Saat ini jumlah kasus corona di Italia tengah membludak sehingga ada beberapa pemain mereka yang berpotensi tidak bisa bermain karena harus memulihkan diri dari virus tersebut.

e stadion dan menikmati pertandingan yang ada." ujarnya.