Pada lanjutan pertandingan Premier League dini hari, sosok Mesut Ozil tidak terlihat di lapangan kala Arsenal melawat ke markas Manchester City. Mengapa sang pelatih, Mikel Arteta, tidak memainkannya dan lebih memainkan David Luiz?

Arsenal tumbang dengan skor telak 0-3 dalam laga yang berlangsung di Etihad Stadium. Bernd Leno dkk gagal membendung tiga gol yang dicetak oleh Raheem Sterling, Kevin de Bruyne, serta Phil Foden.

Pemilihan pemain yang dilakukan Arteta sendiri sudah membuat publik bertanya. Ia memainkan banyak pemain muda dan meninggalkan sosok Nicolas Pepe, Alexandre Lacazette, serta Sead Kolasinac di bangku cadangan.

Sementara Mesut Ozil, jangankan terlihat di lapangan. Ia bahkan tidak diberikan jatah untuk duduk bersama Pepe dan Lacazette di bangku cadangan. Pria asal Jerman itu tidak terlibat sama sekali dalam pertandingan ini.

Alasan Ozil Tidak Dimainkan

Jelas absennya Ozil menjadi tanda tanya besa. Sebab, sebelum virus Corona membuat Premier League ditunda, Arteta mulai sering memainkan Ozil dan dibalas dengan performa apik.

Arteta pun mendapatkan pertanyaan seputar keputusannya untuk tidak membawa serta Ozil. Pelatih asal Spanyol itu hanya memberikan jawaban singkat: "Alasannya adalah taktik."

Absennya Ozil tertutupi oleh aksi horor yang dilakukan oleh sang bek, David Luiz. Bek berdarah Brasil itu melakukan serangkaian blunder yang menjadi penyebab utama the Gunners tumbang dengan skor telak.

Dosa David Luiz

Kartu merah bukanlah satu-satunya dosa David Luiz dalam pertandingan tersebut. Ia juga turut andil dalam gol yang dicetak Raheem Sterling karena gagal mengatasi umpan dari Kevin De Bruyne.

Ia pun mendapatkan kartu merah lantaran melanggar Riyad Mahrez di kotak terlarang. Kevin De Bruyne yang ditunjuk sebagai algojo penalti tidak menyia-nyiakan peluang dan sukses menipu kiper the Gunners, Bernd Leno.

Perlu diketahui bahwa sejatinya Mikel Arteta tidak ingin memainkan David Luiz dalam pertandingan kali ini. Namun karena Pablo Mari mengalami cedera di babak pertama, ia pun terpaksa untuk memainkannya.